Percakapan dalam kelompok dapat dikatakan diskusi apabila memenuhi syarat sebagai berikut:
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan diskusi , antara lain :
A. Keuntungan
Mudah-mudahan penjelasan yang singkat ini dapat menambah pengalaman para guru untuk dapat mengenal lebih jauh tentang cara memimpin diskusi yang lebih baik.
- Melibatkan kelompok yang jumlahnya lebih kurang antara 3 sampai 9 orang.
- Berlangsung dalam interaksi tatap muka informal yang berarti semua anggota kelompok harus ada kesempatan melihat, mendengar, serta berkomunikasi secara bebas dan langsung.
- mempunyai tujuan yang dicapai dengan kerjasama antar anggota kelompok.
- Berlangsung menurut proses yang teratur dan sistematis menuju kesimpulan.
- Berbagi informasi dalam menjelajahi gagasan baru atau pemecahan masalah.
- Dapat meningkatkan pemahaman atas masalah-masalah penting.
- Dapat mengembangkan kemampuan untuk berfikir dan berkomunikasi.
- Dapat meningkatkan keterlibatan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.
- Dapat membina semangat kerjasama yang sehat, berkelompok yang kohesif dan bertanggung jawab.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan diskusi , antara lain :
- Diskusi hendaknya berlangsung dalam iklim terbuka antar pribadi, kesediaan menerima, pengenalan topik diskusi lebih jauh, keantusiasan berpartisipasi, dan kesediaan menerima pendapat orang lain.
- Diskusi yang efektif harus;ah didahului oleh perencanaan dan persiapan matang, antara lain, mencakup hal-hal sebagai berikut:
- Topik yang dipilih hendaknya sesyai dengan tujuan yang ingin dicapai.
- Perencanaan dan persiapan informasi pendahuluan yang berhubungan dengan topik tersebut hingga siswa memiliki latar belakang yang sama.
- Menyiapkan diri sebaik-baiknya sebagai pemimpin diskusi.
- Jumlah anggota yang efektif berkisar antara 5-9 orang.
- Tempat duduk diatur sehingga memungkinkan semua anggota kelompok dapat bertatap muka.
A. Keuntungan
- Keputusan hasil diskusi kelompok lebih baik dibandingkan dengan keputusan individu.
- Antara satu dengan yang lain saling berbagi informasi.
- Dapat meningkatkan kemampuan individu untuk berinteraksi karena terlatih dalam diskusi kelompok.
- Anggota kelompok merasa terikat dalam melaksanakan keputusan kelompok.
- Anggota kelompok yang pemalu lebih bebas mengemukakan pendapatnya dalam kelompok kecil daripada kelompok besar.
- Diskusi kelompok memerlikan waktu lebih banyak dibanding dengan cara belajar biasa.
- Diskusi dapat memboroskan waktu, terutama jika terjadi hal-hal negatif, seperti, pengarahan yang kurang tepat, pembicaraan yang berlarut-larut, penyimpangan yang tidak jelas, atau penampilan yang kurang baik.
- Anggota kelompok kurang agresif, misalnya, pendiam, pemalu, sering tidak mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapat, sehingga terjadi frustasi dan penarikan diri.
- Adakalanya diskusi kelompok hanya didominasi oleh orang-orang tertentu.
Mudah-mudahan penjelasan yang singkat ini dapat menambah pengalaman para guru untuk dapat mengenal lebih jauh tentang cara memimpin diskusi yang lebih baik.
No comments:
Post a Comment
Komentar Anda