Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

1. Membuka Pelajaran.
Komponen-komponen keterampilan membuka pelajaran meliputi minat siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan, dan membuat kaitan.

Setiap komponen terdiri dari beberapa kelompok aspek dan kegiatan yang saling berhubungan.

  1. Menarik perhatian siswa. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menarik perhatian siswa, antara lain: a. Gaya mengajar guru, b.Penggunaan alat-alat bantu pelajaran, c. Pola interaksi yang bervariasi.
  2. Menimbulkan motivasi. Ada empat cara yang dapat anda lakukan untuk menimbulkan motivasi, yaitu: a, Kehangatan dan keantusiasan, b.Menimbulkan rasa ingin tahu, c. Mengemukakan ide yang bertentangan, d. Memperhatikan minat siswa.
Kehangatan dan keantusiasan. Seorang guru hendaklah bersikap ramah, penuh semangat (antusias), dan hangat dalam interaksi dengan siswa.
Sikap anda yang demikian akan menimbulkan motivasi, rasa senang, dan semangat siswa untuk mengerjakan tugas tugas yang kita berikan.

Dengan menimbulkan rasa ingin tahu.  Kegiatan yang dapat anda lakukan antara lain memberikan suatu cerita yang menimbulkan pertanyaan, memperlihatkan gambar seri, mendemonstrasikan suatu peristiwa (misalnya anda meniup balon dan meledakkannya). Kemudian guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan cerita, gambar atau peristiwa-peristiwa tersebut.  Cara-cara ini sangat menunjang untuk menimbulkan motivasi siswa.

Mengemukanan ide yang bertentangan. Cara ini terutama diterapkan di kelas-kelas tinggi.  Namun sekalipun demikian, jika anda sebagai guru kelas 1 atau kelas 2 SD, tidak ada salahnya untuk menerapkan hal itu.  Misalnya anda ajukan pertanyaan sebagai berikut: "Disuntik vaksinasi itu dapat mencegah penyakit dan memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit.  Mengapa banyak anakanak yang tidak mau?".

2. Menutup Pelajaran.

  1. Meninjau kembali. Usaha meninjau kembali ini dapat dengan cara merangkum inti pelajaran, atau membuat ringkasan atau kesimpulan dari sajian anda. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memantapkan pokok-poko materi yang telah disajikan.  Jika anda mengajar di SD kelas tinggi, membuat rangkuman, ringkasan atau kesimpulan, itu dapat dilakukan oleh siswa atau bersama-sama antara siswa dengan anda sebagai guru.
  2. Mengevaluasi. Untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang telah anda sajukan. dan sekaligus juga menjadi umpan balik mengetahui efektivitas sajian yang anda lakukan.
  3. Tindak lanjut.  Sebagai kegiatan akhir setelah melakukan evaluasi, anda perlu melakukan kegiatan tindak lanjut.  Jika kita mengajar di SD kelas atas, dapat memberikan tugas-tugas kokurikuler sebagai bahan pengayaan atau pemantapan terhadap bahan yang kita bicarakan selama tatap muka. Selain itu unsur penanaman nilai dan sikap jangan dilupakan. Misalnya petuah, nasehat, pesan untuk rajin belajar di rumah, menjaga kesehatan diri, dan lain-lain, disampaikan pada akhir seluruh kegiatan.
Demikian sekelumit tentang keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat membantu guru dalam proses pembelajan.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda