RPP Kelas 4 berkarakter semester 2

Sebelum kita membuat RPP, terlebih dahulu harus memahami tema dan materi pokok pelajaran, agar kita memahami betul karakter dari pokok materi tersebut.  Sehingga RPP yang kita buat menjadi lebih terarah dan lebih tepat.

Pokok materi pembelajaran (tema) Pendidikan Agama Kristen kelas 4 SD adalah 'Allah Maha Kuasa'.  Pokok materi pelajaran tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa pada usia ini, peserta didik kelas 4 SD cenderung mengagumi tokoh-tokoh yang merka anggap hebat, ideal, yang memiliki keunikan yang mengagumkan, dan nyang kemudian dijadikan model untuk ditiru.  Selain itu, mereka juga menyukai cerita-cerita petualangan dan misteri kehidupan karena mereka ingin tahu tentang apa yang ada di balik kenyataan yang terjadi.

Dalam kehidupan rohaninya, mereka mulai memahami relasi yang terjadi di masa lalu dan maknanya dalam kehidupan.  Mereka memparaktekkan dosa walaupun dengan pertimbangan "takut" dan "merasa bersalah" kalau berdosa.

Dalam perkembangan sosialnya, mereka mulai menjalin banyak teman, mereka masih sering punya teman khayalan.  Mereka menikmati hubungan dengan tersebut.  Dalam hal ini Allah dapat dijadikan "sahabat" untuk berkomunikasi.

Berdasarkan ciri perkembangan anak seperti itu, pilihan pokok pelajaran 'Allah Maha Kuasa' dianggap paling memadai.  Penekanan pada kemahakuasaan Allah dapat menimbulkan kekaguman anak pada Allah yang maha hebat dan luar biasa.  Dengan demikian Allah dapat dijadikan tokoh yang sentral di dalam hidupnya.

Demikianlah gambaran tentang materi dan tema pelajaran pada kelas 4.  Berikut ini saya memberikan penjabaran contoh RPP yang telah disusun berdasarkan materi tersebut. Anda dapat mendownloanya di bagian page blog ini.






1 comment:

Komentar Anda