Cara Paling Praktis Membuat Peserta Didik Tertib Di Dalam Kelas


Sebagai guru agama kristen yang baik, anda telah mempersiapkan seluruh administrasi dengan lengkap, termasuk RPP.  Tapi bagaimana saat anda di dalam kelas, ketika  hendak menyajikan seluruh persiapan-persiapan itu, peserta didik berada dalam keadaan yang tidak tertib, mereka berisik , ada yang sedang berdiri, memukul-mukul meja, bahkan diantara mereka ada yang sedang berjalan kesana-kemari.  Jika keadaanya begini, sudah tentu penerapan RPP tidak akan tercapiai.  Ini merupakan kendala yang sering dihadapi oleh seorang pengajar, terutama dikalangan sekolah dasar.
Nah! bagaimana jika ini terjadi, apa yang anda harus lakukan? melalui artikel ini saya akan memberikan tips yang paling efektif untuk membuat peserta didik tertib di dalam kelas.
Sebenarnya cara ini sangatlah mudah untuk diterapkan, tanpa harus banyak membuang-buang waktu, dan tanpa harus berteriak-teriak sambil menyebutkan nama peserta didik satu persatu.
Hal yang perlu anda lakukan adalah:
  1. Dengan suara tenang tapi tegas (tapi tidak terlalu keras) anda hanya perlu mengucapkan kata: " satu......., dua......., tiga!" Mengucapakannya dengan bertempo atau berjarak ( tidak sekaligus diucapkan).
  2. Saat anda mengucapkan "satu....." siwa masih dalam keadaan berisik, tapi mereka sudah mendengar bahwa ada aba-aba dari guru, dan pada saat itu mereka sudah mulai mengurangi suara berisiknya.
  3. Saat anda mengucapkan kata: "dua......,  suasana sudah dalam keadaan hampir hening, tapi masih ada yang berbicara, bahkan masih ada yang berdiri.
  4. Nah, pada saat  anda hendak mengucapkan kata "tiga", disela-sela sebelum anda mengucapkan kata itu, anda hendaknya mengucapkan peringatan yang dengan kata-kata ini (dengan suara tenang):" sebelum sampai hitungan ketiga, semuanya harus duduk, dan tidak ada lagi kedengaran suara." Setelah anda mengucapkan kalimat itu  suasana sudah hening. Jika masih ada kedengangaran sedikit suara, ada dapat mengucapkan kalimat ini: " bapak masih mendengar ada suara!". Maka keadaan akan menjadi benar-benar hening.
Jika keadaan sudah terkendali, maka anda sudah bisa memulai pelajaran sesuai dengan RPP yang sudah anda persiapkan.
Hal ini sudah lama saya terapkan  di beberapa sekolah dan hasilnya sangatlah efesien dan efektif. Nah, anda juga perlu mencoba ini, agar seluruh  RPP dan adminitrasi dapat diterapkan di dalam kelas. Selamat mencoba!