Contoh Persiapan Mengajar


Persiapan mengajar merupakan salah satu kelengkapan administrasi penting bagi seorang guru. Persiapan mengajar merupakan bukti bahwa guru telah siap untuk mengajarkan materi pempelajaran. Persiapan mengajar merupakan hasil dari penerapan yang telah anda tuangkan dalam RPP. Lihat contoh format persiapan mengajar di bawah ini. Agar terlihat lebih jelas, anda dapat meng-klik tanda panah di pojok kanan atas.
Adapun format Persiapan mengajardapat anda download pada bagian page blog ini.


  1. Nomor urut
  2. Waktu. Di format waktu dicantumkan keterangan tentang pertemuan keberapa guru menyajikan materi yang dipersiapkan, serta berapa jam pertemuan itu berlangsung.
  3. Pada bagian kolom ke 3 dan 4 dicantumkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sesuai penetapan SK - KD ditiap-tiap tingkat kelas.
  4. Indikator. Adalah pokok-pokok pembahasan materi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru berdasarkan SK-KD.
  5. Sumber/alat belajar. Sumber adalah buku pokok yang dipakai oleh guru dan siswa. Anda juga dapat menambahkan Alkitab sebagai sumber, mengingat Pelajaran Agama Kristen adalah berdasarkan pemahaman Alkitab. sedangkan alat dapat berupa alat peraga, maupun audio-visual (elektronik) dan sebagainya.

  6. Format Persiapan mengajar suatu waktu dapat mengalami perubahan, sesuai dengan pengembangan format dari Dinas Pendidikan. Jangan lupa, bahwa ketika anda membuat persiapan mengajar agar sesuai dengan RPP yang telah anda buat sebelumnya. Mudah-mudahan dengan contoh persiapan mengajar ini, rekan-rekan guru agama kristen semakin diperkaya dalam mempersiapkan administrasi.